11 Nov 2011

Gloomy Sunday - Death Song


Hmmm ,
Aku iseng iseng browsing dan menemukan sesuatu yang dulu (lupa kapan tepatnya) lagi rame dibicarain.
Okeh , mungkin ada yang udah pernah mendengar tentang lagu Gloomy Sunday, yang katanya menggemparkan pemerintah hongaria. Hal ini dikarenakan lagu ini dikenal sebagai lagu bunuh diri.
Lagu ini gak seperti lagu heavy metal yang iramnya bisa bikin telinga sakit (bagi yang gak terbiasa) dan mengandung kata kata kasar. Tapi banyak kasus bunuh diri yang saat korban ditemukan bertepatan dengan dimainkannya lagu ini.


Judul asli lagi ini adalah Szomorú Vasárnap atau dalam bahasa Indonesianya dapat diartikan sebagai Hari Minggu yang kelam. Syair lagu ini diambil dari puisi seorang pujangga Lazlo Javor yang diciptakan pada tahun 1933 dan digubah oleh Rezső Seress yang berkebangsaan Hungaria. Lagu ini bercerita mengenai seseorang yang bunuh diri karena ditinggal mati kekasihnya. Dan mengejutkannya lagi, setelah lagu ini dirilis, Lazlo mencabut nyawanya dengan surat yang berbunyi “gloomy sunday”.

berikut adalah lagunya dalam bahasa hongaria :

Szomorú Vasárnap
Szomorú vasárnap száz fehér virággal
Vártalak kedvesem templomi imával
Álmokat kergető vasárnap délelőtt
Bánatom hintaja nélküled visszajött
Azóta szomorú mindig a vasárnap
Könny csak az italom kenyerem a bánat…

Szomorú vasárnap
Utolsó vasárnap kedvesem gyere el
Pap is lesz, koporsó, ravatal, gyászlepel
Akkor is virág vár, virág és - koporsó
Virágos fák alatt utam az utolsó
Nyitva lesz szemem hogy még egyszer lássalak
Ne félj a szememtől holtan is áldalak…

Utolsó vasárnap
— László Jávor original Hungarian version

(susah bacanya , mending gak usah dibaca)

Dan ini yang sudah ditranslate kedalam bahasa inggris :
Gloomy Sunday
Gloomy Sunday with a hundred white flowers
I was waiting for you my dearest with a prayer
A Sunday morning, chasing after my dreams
The carriage of my sorrow returned to me without you
It is since then that my Sundays have been forever sad
Tears my only drink, the sorrow my bread…

Gloomy Sunday
This last Sunday, my darling please come to me
There’ll be a priest, a coffin, a catafalque and a winding-sheet
There’ll be flowers for you, flowers and a coffin
Under the blossoming trees it will be my last journey
My eyes will be open, so that I could see you for a last time
Don’t be afraid of my eyes, I’m blessing you even in my death…
The last Sunday

(ribet ngartiin , mending baca translate yang bahasa indonesia , bisa lebih menghayati)

nih , yang bahasa indonesia :

Minggu yang kelam

Minggu yang kelam dengan ratusan bunga putih
Aku menunggumu , cintaku ... dengan doa
disuatu minggu pagi, mengejar mimpi-mimpiku
Gerbong kesedihanku kembali padaku saat tanpamu
sejak saat itu hari Mingguku telah selamanya menyedihkan
hanya air mata minumanku, kesedihanku ...
Minggu yang kelam dengan ratusan bunga putih

Minggu yang kelam
Ini Minggu terakhir, sayangku datanglah padaku
Akan ada seorang imam, peti mati, panggung untuk peti mayat dan sebuah berliku-lembar
Akan ada bunga untukmu, bunga dan peti mati
Di bawah pohon-pohon berbunga itu akan menjadi perjalanan terakhirku
Mataku akan terbuka, sehingga aku bisa melihatmu untuk waktu terakhir
Jangan takut, aku memberkati kamu bahkan dalam kematian saya ...
Minggu terakhir


(merinding ~)

Setelah lagu itu semakin terkenal , akhirnya semakin banyak kasus bunuh diri yang terjadi..
hingga akhirnya lagu ini sedikit dirubah :

Gloomy Sunday

Sunday is gloomy
the hours are slumberless
dearest the shadows
live with are numberless

Little white flowers
will never awaken you,
not where the dark coach
of sorrow has taken you

Angels have no thought
of ever returning you
would they be angry
if I thought of joining you?

Gloomy Sunday
Gloomy Sunday
with shadows I spend it all
my heart and I
have decided to end it all

Soon there’ll be prayers
and candles are lit, I know
let them not weep
let them know, that I’m glad to go

Death is a dream
for in death I’m caressing you
with the last breath of my soul
I’ll be blessing you

Gloomy Sunday

Dreaming, I was only dreaming
I wake and I find you asleep
on deep in my heart, dear

Darling, I hope
that my dream hasn’t haunted you
my heart is telling you
how much I wanted you

Gloomy Sunday
 


 sekitar 200 kasus bunuh diri di seluruh dunia yang diperkirakan berhubungan dengan lagu ini. Banyak penyanyi terkenal yang sudah banyak menyanyikan lagu ini seperti Bjork, Portishead, Sarah Brightman, Sarah McLahlan, yang masih banyak lagi. Namun, versi yang paling terkenal dari lagu ini adalah versi yang dinyanyikan oleh Billie Holliday pada tahun 1941.

Namun, Rezso, penggubah lagu ini mengklaim bahwa melejitnya lagu ini membuatnya menjadi sangat sedih karena ia berpikir bahwa ia tidak akan pernah membuat lagu lainnya yang akan setenar ini. Maka  pada tahun 1968, ia bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 8 sebuah gedung di Budapest. Namun, ia masih bertahan setelah kejadian ini, dan akhirnya ia meninggal karena bunuh diri dengan cara menyekik dirinya menggunakan kawat hingga meninggal. Kemudian, lagu ini tidak lagi terkenal karena pada zaman Adolf Hitler, versi lagu ini dimusnahkan. Setelah itu, lagu ini dilarang keras untuk disiarkan.

Nah , begitulah kira kira yang aku dapetin selama browsing tadi ...

Aduh kok suasananya jadi serem ya , tiba tiba lampu kamarku berkedip (kayaknya agak konslet tadi)
Hmmm , segitu aja deh tentang gloomy sunday , bagi yang brani dengerin lagunya silahkan search di internet siapa tau nemu. Terus kasi tau linknya ke aku yaaa ._.v

3 lovely comment ♥:

dayuledys mengatakan...

maaf yaa , tulisan yang ini formatnya berantakan , udah berkali kali aku edit , tapi terus aja ada keslahan ...
gak tau kenapa..
jadi sekali lagi maap yaaa ._.v

Dearik mengatakan...

aku belum pernah denger lagunya... kalau udah ketemu dan dibagi linknya, terus mau apa??? mau ikutan denger??

dayuledys mengatakan...

iyaaa ...
Aku udah nemu lagunya ...
emang bikin sedih ,

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini