21 Jan 2012

Citizen Journalist (Jurnalistik Warga)

Hmmm, tanggal 20 saya mengikuti workshop juga FakSas, dengan tema "Citizen Journalist".
Disana dijelaskan gimana caranya menjadi penulis yang baik, bahkan dikasi tau juga gimana caranya kalau kita pengen jadi anggota Kompas Muda.
Ini beberapa hal yang saya ingat dari workshop , silahkan disimak ...

Citizen journalist atau Jurnalistik warga adalah paristiwa melaporkan atau meliput atau menyebarluaskan suatu berita tetapi bukan oleh Wartawan profesional, melainkan oleh masyarakat biasa. Yang sepertii ini nih yang
dapat menjadi tempat belajar menulis bagi jurnalis-jurnalis muda. Bahkan Kompas sekarang sudah mempunyai komunitas muda, yang menampung berita2 yang bisa dikirimkan oleh jurnalis2 muda Indonesia.
Bagii yang mau tau infonya lebih lanjut bisa klik www.mudaers.com.

Selain itu dijelaskan juga bagaimana cara menjadi penulis yang benar,
Tentunya tulisan kita harus memiliki unsur 5W+1H, tidak mengandung unsur SARA, pornografi dan sadisme.
Kita bisa mulai berlatih menulis dari blog, facebook, bahkan twitter. Laporkan semua kejadian penting yang kita alami hari ini. Selain itu gambar juga sangat penting, jadi pergunakan Kamer yang kalian punya (Kamera Hp juga boleh) untuk mengabadikan peristiwa menarik apapun.
Punya Kamera jangan cuma dipakai fotoan narsis aja yaaa :D

Bagi yang suka menulis diblog, tulislah sesuatu yang bermanfaat ya, karena tidak menutup kemungkinan blog kalian dibukukan. Itulah salah satu pengalaman yang dimiliki wartawan kompas. Dia menulis apapun tentang pak SBY di blognya, dan sudah ada 2 bukunya lo , dan isinya semua diambil dari blog.
Jadi buat para penulis, terus semangat, jadikan hobi kalian sesuatu yang menghasilkan dan bermanfaat buat kalian.
;)

0 lovely comment ♥:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini