10 Mar 2012

Si imut penangkal hujan (Teru-teru Bozu)

Tau boneka teru-teru bozu ?
Pertama kali tau tuh , gara-gara baca komik jepang. Dan ternyata si teru ini imut skali >.<.
Boneka tradisional jepang yang katanya bisa menghentikan hujan. Bentuknya mungkin agak mirip seperti hantu botak yang imut. Kita bisa membuatnya dengan tissu , kapas dan tali atau benang. Simple kan.
Tapi masyarakat jepang , terutama anak-anak sangat percaya tentang kekuatan magis yang dimiliki si teru-teru bozu yaitu bisa menangkal hujan.
Biasanya boneka ini akan ditaruh didekat jendela, sehari sebelum hari piknik sekolah , ataupun acara2 lainnya yang dilakukan diluar rumah.
Kata Teru berarti , bercahaya atau baik (Cuaca) , sedangkan Bozu artinya rahib budha atau gundul.

*Kayak gini nih , bentuknya teru-teru bozu*

Ada sajak atau lagu anak-anak berkaitan dengan si boneka teru-teru bozu ini. Dan ini dia lagunya :

Teru-teru-bōzu, teru bōzu
Ashita tenki ni shite o-kure
Itsuka no yume no sora no yō ni
Haretara kin no suzu ageyo

Teru-teru-bōzu, teru bōzu
Ashita tenki ni shite o-kure
Watashi no negai wo kiita nara
Amai o-sake wo tanto nomasho

Teru-teru-bōzu, teru bōzu
Ashita tenki ni shite o-kure
Moshi mo kumotte naitetara
Sonata no kubi wo chon to kiru zo

Translate :

Teru-teru-bozu, teru bozu
buat besok hari yang cerah
Seperti langit dalam mimpi
jika cuacanya cera Saya akan memberikan Anda bel emas
Teru-teru-bozu, teru bozu
buat besok hari yang cerah
Jika Anda ingin membuatnya menjadi kenyataan
Kami akan banyak minum sake manis
Teru-teru-bozu, teru bozu
buat besok hari yang cerah
Tetapi jika mendung dan anda menangis (hujan)
Lalu aku akan memotong putus kepalamu.

Mau denger lagunya atau download teru-teru bozu song ? nih linknya : lagu teru-teru bozu

Sejarah boneka teru-teru bozu, ternyata sama suramnya dengan lagu yang tertulis diatas. Konon dulu ada seorang biksu yang berjanji kepada petani untuk menghentikan hujan, dan ternyata biksu itu tidak berhasil untuk membuat cuaca tetap cerah selama berkepanjangan. Dan akhirnya biksu itu dihukum mati dengan caraaa ..... (kalian bisa lihat pada lagunya)
 

Hmmm, aku mendadak jadi maniak si teru nih ...
Kemarin aku jalan ke toko alat tulis dan nemu pulpen yang ada ornamen si teru.


Pulpen Teru-teru Bozu

Aku juga buat boneka ini dan aku gantung di meja yang ada dikamarku. 
Hehehehe , imut banget soalnya ~

Boneka Teru-teru Bozu Imut

Itu merah-merah dipipinya aku buat pake lipstik loo. xD
Berniat menagkal hujan dengan boneka ini , caranya tinggal gantung si teru di dekat jendela , terus nyanyiin deh mantranya (Lagunya).
Semoga Berhasil !!
^^


4 lovely comment ♥:

deArryk mengatakan...

Kalo seandainya nanti ujan, kepala bonekanya dipenggal nggak ni?? kan kasian, udah kepala bulet kayak pentol bakso, dipotong lagi. ckckckck...

Dayu Ledys mengatakan...

Hahahahaaha ~
Kebetulan aku suka ujan nih (Klo lagi dirumah) ..
Gak aku penggal deh ~

Karuni Sutengsu mengatakan...

Hay Dayu,.. anak bali yah,.. heheh nama.a kebali2an,..
aq juga lagi ngepost artikel tentang ini,.. ohh ya klo bener dari bali boleh minta link fb.u gg nanti aq masukin di grup blogger bali :)

Dayu Ledys mengatakan...

hai karuni :)
maaf yaa , late reply ..
baru sempet buka blog ._.v

fb ku : Dayu Ledys (foto pp-nya , gambar cewek yg aku gambar sendiri)

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini