27 Des 2015

Perkembangan Bisnisku Bulan Agustus-Desember

Pengen beli ini, pengen beli itu. Minta duit terus sama orang tua.
Sesudah beli barang yang dipengen malah jarang dipake.
*ciri ciri manusia ga sayang duit*

Kenapa ya bisa gitu?

Menurut survey yang aku tujukan kepada seseorang, yaitu ....... Aku sendiri. Faktor utama penyebab remaja atau abg suka ga sayang duit, suka buang buang duit buat beli barang yang cuma di pengen tapi setelah beli malah jarang dipake adalah karena kita (termasuk aku kala itu) belum bisa menghasilkan uang sendiri, belum tau rasanya cari uang itu susah. Maka dari itu kita ga sayang uang. 
Selain itu, remaja yang nggak ada kerjaan otomatis bingung-bengong, buka line ada iklan olshop lewat, buka instagram ada artis yang di endorse, buka bbm ada temen jualan di bbm, dimana mana olshop - olshop - olshop , gadis olshop, olshopcantik , fashion holic, fashion fanatic, aihhhhhh ... Siapa yang ga mupeng !!! 
Akhirnya minta uang ke ortu, rengek2 ke papa minta pinjem kartu ATM buat belanja online. Barang dateng, eh malah jarang di pakai. Ngerasa bersalah banget kalo aku pribadi sih, rasanya pengen balikin uang orang tua.

Nah, berbekal perasaan itu, aku memutuskan untuk mulai bisnis online. Jualan online. 

Untuk mulai jualan tentunya ga bisa asal dong, kita harus tau barang apa yang mau di jual, mau ambil dari supplier yang mana, survey harga untuk cari yang termurah agar dapat untung yang besar. Dan paling penting, Persiapin instagram yang bakal di pakai buat jualan (waktu itu aku balik nama instagram pribadiku jadi instagram olshop) kenapa ga bikin baru? Nanti bakal aku bahas di tips dan trick mendirikan olshop di instagram *aciahhh, baru 5 bulan udah lebay deh sok2an kasih tips*

Singkat cerita, kelengkapan seperti CP sudah aku tentukan, dari mulai line buat order (aku pake line@), bbm, WA (kebetulan aku ga pake). Menentukan supplier dan menghubungi supplier untuk kerja sama juga sudah. Apa yg belum? 

Rekening.
Aku waktu itu dianter pacar ke bank, aku memilih bank BCA karna sebagian besar orang pake BCA, selain karna kantor cabangnya deket rumah, fasilitas m-bankingnya memudahkan, dan skrg udah gampang buat setor tunai. Dan jadilahhh aku sudah buka rekening baru.

Semua udah sip!

Pembukaan perdana, 2 hari setelah hari ulang tahunku (28juli) yang ke-19, yaitu tanggal 1 Agustus. Dibukalah online shop pertamaku dengan nama DAISY SHOP. Kenapa namanya daisy shop, karena ..... Ga tau. (Itu namanya mendadak asal comot nama bunga aja).
Di Daisy Shop aku mencoba jualan kalung batu crystal, ntah itu asli atau palsu, harganya kisaran 50rb. Aku sudah promosi sebelumnya, jadi hari pertama buka sudah banyak yang nanya-nanya dan berminat beli. Yang nanya sih banyak, yang beli? 

Lewat Daisy Shop, aku belajar banyak. Dari mulai ngadepin pembeli yang awam banget sama online shop, yang php, pembeli anak kecil, dan berbagai pembeli nyebelin lainnya. Tapi ga sedikit kok yang udah pinter belanja onlinenya dan ga ngerepotin. Hihihihi. Terima kasih yahh sudah belanja.
1 bulan Daisy Shop berdiri, aku akhirnya menghitung keuntungan yang didapat, dan ternyata dapat 190.000. Emang dasar akunya yang ga bisa puas, aku curhat ke ibuk "ibuk, tau ga berapa bulan pertama keuntungan olshop aku berapa? 190rb ajaaa"
Ibuk untungnya kasih semangat dan mendukung "kamu ini, itu udah awal yang bagus, coba pikir sebelum ini, seribu rupiah pun belum bisa." 
Bener juga kata ibuk.

Tapi aku tetep risau. Bukan karna penghasilan yang sedikit, tapi karna supplierku ini super slow respons. Masa bales chat 1hari sekali. Belum lagi nggak ada update stock, dan itu menyusahkan reseller banget. Bayangin ketika ada yang order, udah transfer pas mau aku ambil barangnya, eh tau tau udah sold. Kan susah mesti refund lagi. Apalagi kalo beda bank kena pajak 6500. Berat coyy..

Aku berpikir buat banting stir berjualan yang lain. Aku waktu itu sempet nyiapin instagram dan ngumpulin followers dan udah dapet 1000-an followers. Aku akhirnya buka olshop baru dengan sistem dropship di bulan September. Daisy Shop resmi diCLOSE. Aku jualan tas dan dompet import dengan pemikiran bahwa dompet dan tas ini pangsa pasarnya lebih luas. Aku juga ketemu sama supplier yang baik banget, aku panggilnya dia "cidev". Orangnya baik banget, suka kasih semangat buat reseller pemula kayak aku. Karna tips dan semangat dari dia olshop yang baru aku buat sebut saja LS Shop (bukan nama sebenarnya) bisa berkembang sampe sekarang ini (4bulan) followersnya pun sebentar lagi sudah 10K , penghasilan perbulannya paling tidak 1juta, kalau rame bisa 2jt. Sejauh ini keuntunganku kalo dihitung2 sudah jutaan dalam waktu 4bulan. Meski akhir tahun agak sepi, tapi harus tetep semangat, mungkin konsumen pada asik liburan. Tips dan trick jadi dropshiper sukses nanti bakal aku share sama temen temen semua yahh ^^

4bulan berkutat dengan dompet dan tas aku mulai jenuh. Apalagi cuma dropship (dari tadi dropship2, emang apaan sih dropship? Next posting dijelasin yahh).
Aku pengen pegang barangnya, pengen nyata jualan. 
Akhirnya aku buka online shop khusus daerah bali, kerja sama bareng sepupuku Erika. Doi semangat banget loh jualannya, banyak banget dapet order, seneng bisa semangatin dia dan ngajak dia ikutan punya penghasilan sambil kuliah. Jadi sama sama bisa banggain orang tua kami masing masing. Aku juga lagi usaha ngajakin adikku buat ikut jadi seller. Dia juga harus belajar cari uang sejak dini. Biar ga telat kayak kakaknya. Aku bahkan mau rekrut pacarku jadi seller juga, hehehehehe.
Nah, buat olshop yang ini aku kasih tau namanya yaaa, namanya "Infinity Store Bali" buka tanggal 14 Desember. Karna modal kami kecil, kami menggunakan sistem Pre Order. Beruntung kami menemukan kontak konveksi/gudang/pabriknya langsung, jadi kami pun bisa menjual dengan harga murah dengan kualitas yang baik. Tapi kalo mau murah yang order harus sabar yahh.. Hihihihi.
Oiya, kenapa namanya Infinity? Karna infinity itu artinya tak terhingga atau tak terbatas. Kami (aku dan erika selaku pendiri dan owner) berharap dengan nama olshop ini bisa memberikan rejeki yang tak terhingga kepada kami, kepuasan yang tak terhingga pada konsumen, keuntungan yang tak terbatas untuk para reseller kami, dan kebahagian yang tak terhingga untuk semuanya yang berhubungan dengan olshop kami. Astungkaraaa ...

Kretekkk *kretekin jari*
Pegel ya ampunn ngetiknyaa lewat HP (lagi). Tapi jadi semangat berbagi lagi lewat blog. Smoga kedepannya aku ga males males update yah. Hehehehe..
Smoga tulisan ini menginspirasi. See you!

0 lovely comment ♥:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini